Yuk Cari Tahu Apa Saja Sih Manfaat Biji Mahoni

Tahukah anda bahwa tanaman Mahoni bersifat anti-jamur dan anti-piretik (menurunkan panas). Biji mahoni banyak dipercaya dapat mengobati berbagi penyakit karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meskipun memiliki rasa yang pahit anda mesti mencoba mengkonsumsi biji mahoni ini.

Buah pahit ini juga berkhasiat untuk menurunkan hipertensi, mengembalikan selera makan, mengobati demam, dan meningkatkan immunitas. Manfaat paling besar dari biji mahoni adalah sebagai obat malaria dan diabetes. Sedangkan efek samping penggunaan biji mahoni dalam dosis berlebihan dapat memicu terbentuknya batu empedu.

Cara Mengkonsumsi Biji Mahoni

1. Anda bisa makan biji mahoni setelah mengupas kulit luarnya. Tentu saja jika anda tahan dengan rasa pahitnya.

2. Seduh bubuk hasil dari biji mahoni yang telah ditumbuk halus ke dalam air panas.

3. Berbagai ekstrak biji mahoni kini dibuat. Ada yang dikemas dalam bentuk serbuk, kapsul, minyak esensial, serbuk instan, dll. Pilih sesuai selera anda.

Untuk membuat serbuk, keringkan biji mahoni kemudian giling hingga halus.

Biji Mahoni efektif untuk mengobati penyakit berikut ini

– Kurang selera makan
– Hipertensi
– Demam
– Eksim / Gatal-gatal
– Diabetes
– Rematik
– Masuk Angin
– Demam

Pemakaian Biji Mahoni untuk mengobati Penyakit

Dosis yang disarankan adalah setengah sdm bubuk biji mahoni. Anda dapat membuat serbuk biji mahoni dengan cara menggilingnya.

Ramuan Alami menggunakan Biji Mahoni

1. Meningkatkan selera makan

Seduh ½ sdm bubuk biji mahoni ke dalam sepertiga cangkir air panas. Kemudian, tambahkan 1 sdm madu. Sebaiknya anda minum ramuan ini dalam keadaan hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Mengobati diabetes

Seduh setengah sdm bubuk biji mahoni ke dalam sepertiga cangkir air yang mendidih. Dalam keadaan hangat, minum air ramuan ini setengah jam sebelum makan. Minum ramuan tersebut 3 kali dalam sehari.

3. Menurunkan Tekanan darah tinggi

Seduh 8 gram biji mahoni ke dalam 2 gelas air mendidih. Tunggu hingga dingin, kemudian saring. Minum ramuan tersebut di pagi dan sore, masing-masing 1 gelas. Anda bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit.

4. Mengobati Demam atau masuk angin:

Seduh ½ sdm bubuk biji mahoni ke dalam ¼ gelas air panas. Tambahkan 1 sdm madu, kemudian minum dalam keadaan hangat sebanyak 3 kali sehari.

5. Mengatasi Eksim dan rematik

Seduh ½ sdm bubuk biji mahoni ke dalam ½ gelas air panas. Tambahkan madu secukupnya, kemudian minum sewaktu hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.
Baca: Ramuan Alami Untuk Menyembuhkan Asam Urat.

#Efek Samping

Penggunaan Mahoni sebagai obat alami

Konsumsi biji mahoni secara berlebihan dapat memicu terbentuknya kolesterol di cairan empedu yang dapat menyebabkan batu empedu. Hal ini terkait adanya saponin dan flavonoid dalam mahoni. Jadi, dosis paling banyak adalah 200 mg per hari.

Flavonoid yang terdapat dalam mahoni memang efektif untuk menurunkan hipertensi. Namun penggunaan secara berlebihan dapat menyebabkan efek tidak baik bagi tubuh. Jadi, anda harus bijak mengkonsumsi biji ini. Menurut para ahli herbal, dosis yang tepat dalam mengkonsumsi biji mahoni adalah 1 biji per hari. Ini jika biji tersebut langsung dimakan sebagai obat alami. Sedangkan dalam bentuk ekstrak, anda bisa menyesuaikan dosisnya.

Itulah beberapa mnfaat biji mahoni untuk berbagai kesehatan yang bisa kita bagikan ke anda semu pada edisi kali ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *