Inilah Manfaat Air Rebusan Daun Buah Delima

Manfaat Buah delima sudah terkenal oleh banyak orang. Selain buahnya, daun buah delima juga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Namun daun buah delima tersebut tidak bisa langsung di konsumsi tetapi harus direbus terlebih dahulu, barulah air rebusan daun delima diminum.

Delima tumbuh di pegunungan himalaya yang memiliki ketinggian 900m hingga 1800 mdpl. Nama latin buah ini adalah Punica granatum yang masih dalam keluarga Punicaceae. Buah delima memang bermanfaat tapi daunnya pun juga tidak kalah berkhasiat. Sebenarnya semua bagian pohon delima bisa dimanfaatkan mulai dari kulit buah, kulit cabang, bunga, akar, biji dan daunnya.

Buah delima juga sering disebut sebagai buah panjang umur karena mengandung nutrisi yang banyak sekali. Salah satunya adalah antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebas. Berikut ini adalah khasiat air rebusan daun delima untuk kesehatan.

Mengatasi insomnia atau susah tidur
Cara membuatnya adalah dengan menumbuk daun delima 3 gram lalu direbus bersama air 200 ml dan biarkan sampai sisa 1/4nya saja. Waktu terbaik untuk minum ramuan daun delima adalah sebelum tidur.
Khasiat Air Rebusan Daun Delima

Mengobati sakit perut
Salah satu manfaat daun delima adalah membantu memperlancar proses pencernaan. Daun delima dapat dipakai sebagai bahan alami untuk membuat teh. Meminum teh daun delima dapat mengobati sakit perut dan masalah pencernaan lainnya.

Mengobati disentri
Daun delima yang dikombinasikan dengan buahnya dapat membantu mengobati disentri yang mengakibatkan rasa sakit dan diare. Cara membuatnya cukup mudah karena anda tinggal membuat jus delima dari kedua bahan tadi.

Mengobati penyakit kuning
Agar gejala penyakit kuning dapat berkurang bisa mengkonsumsi air rebusan daun delima. Cara membuatnya adalah menyediakan tiga gram bubuk daun delima yang sebelumnya sudah ditumbuk lalu rebus daunnya sampai airnya berkurang setengah dan minum rebusan daun delima dua kali sehari.

Mengobati eksim
Eksim atau eksema adalah peradangan yang diakibatkan gelembung kecil pada kulit. Untuk mengobati gangguan ini dengan cara alami adalah dengan menumbuk daun delima lalu hasil tumbukannya ditaruh pada daerah yang melepuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *