Tics Wajah – Gejala Dan Cara Penyembuhan
Tics Wajah – Gejala Dan Cara Penyembuhan

Tics wajah dicirikan oleh kontraksi otot kelompok otot di wajah yang cepat, rupanya refleks. Kontraksi ini secara teratur berulang di alam, dan tampaknya tidak memiliki tujuan yang sebenarnya. Tics yang umum adalah mata berkedip yang berlebih-lebihan, menyipitkan mata, mengerutkan hidung, meringis wajah atau bahkan vokalisasi seperti mendengus atau membersihkan tenggorokan. Tics sering muncul selama masa kanak-kanak, dan biasanya menyelesaikan sebagai usia anak. Ini tidak selalu situasi, meskipun, dan banyak orang terus menunjukkan tics saat mereka memasuki masa dewasa.

Tics sering meningkat dalam tingkat sebagai penderita merasa cemas atau tidak nyaman. Korban yang menderita tics melaporkan bahwa mereka sering menyadari tic yang akan datang. Ini sering digambarkan sebagai perasaan ketegangan yang luar biasa dan dorongan untuk melibatkan tic untuk menghilangkan ketegangan; agak mirip dengan dorongan mendekat untuk menguap atau bersin yang meringankan orang tersebut. Mengendalikan tic dapat memicu kecemasan, yang dapat menyebabkan pemicu tic lain. Tics sering digambarkan sebagai tidak terkendali tetapi penelitian dan laporan dari penderita menunjukkan bahwa mereka memang gerakan sukarela yang dapat dikendalikan oleh penderitanya. paket ertos

Sebuah tic dapat bermanifestasi sebagai tic sederhana, seperti di wajah meringis, mulut berkedut atau mendengus atau bisa lebih kompleks seperti yang sering terlihat pada sindrom Tourette. Tics sederhana lebih umum daripada tics kompleks, tetapi mereka bisa sama menjengkelkan kepada individu; sementara tic wajah tidak menyebabkan rasa sakit fisik pada penderita, sering menyebabkan masalah sosial atau tekanan mental.
Terutama anak-anak, dapat memiliki waktu yang sulit hidup dengan tic karena mengejek dari siswa lain, atau guru yang tidak sepenuhnya mengenali situasi pelik anak itu. Sementara tics sering digambarkan sebagai tidak sepenuhnya tidak sadar, kontrol dari tic sulit untuk ditentukan, terutama pada anak-anak. Anak-anak sering tidak membangun keterampilan untuk menjadi sadar akan tic awal dan juga orang dewasa.
Orang dewasa sering menghadapi masalah penting dalam hidup mereka ketika hidup dengan tic wajah. Masalah sosial cukup umum, dan bahkan ketika tics umumnya dikendalikan orang dewasa dapat menjadi sangat lelah oleh kebutuhan terus-menerus untuk mengidentifikasi onset dan mengendalikan dorongan tic. Orang dewasa dan anak-anak sama-sama mungkin menderita harga diri atau masalah harga diri karena penderitaan terus-menerus mereka dari penyakit yang sering menyebabkan mereka menjadi orang buangan sosial.

Menghilangkan orang yang menderita tic wajah bisa menjadi pengalaman yang mengubah hidup. Harga diri biasanya meningkat, dan kecemasan sosial tidak lagi menjadi masalah yang membuat seseorang kembali dari mengalami kehidupan yang utuh. Pada anak-anak, menghilangkan tic dapat membuat anak berkembang dengan lebih sedikit ketegangan sementara ia memiliki masa kecil yang lebih bahagia.
Selama bertahun-tahun, banyak perawatan untuk tics telah digunakan dengan berbagai tingkat pencapaian. Konseling atau psikoterapi dapat membantu menemukan penyebab emosional dari suatu tic, dan dapat membantu seseorang memahami lebih baik bagaimana melawan dorongan untuk melakukan tic mereka. Obat penenang dan bentuk obat lain kadang-kadang berhasil dalam kasus tics sederhana. Obat-obatan ini sering dibebani dengan efek samping negatif, sehingga banyak orang mencari perawatan alternatif.

Self-hypnosis dan NLP (Neuro-Linguistic Programming) metode telah dikembangkan secara khusus untuk tujuan mengatasi tics wajah. Karena tics wajah tidak benar-benar tidak sengaja di alam, perawatan ini bertujuan untuk mengubah respons pingsan si penderita terhadap timbulnya episode tic seperti membersihkan tenggorokan atau meringis wajah. Dalam sejumlah besar kasus ini dapat dilakukan dengan membiarkan akal bawah sadar untuk menghindari onset tic. Namun, dalam beberapa kasus ekstrim, respons korban akan dialihkan ke bagian tubuh yang tidak berbahaya seperti menggerakkan jari kaki bukan otot wajah.
Tics wajah bisa menjadi masalah yang mempengaruhi kehidupan yang canggung. Anak-anak dan orang dewasa sama-sama dapat menderita banyak dari kehadiran tic wajah seperti menyipitkan mata, mata berkedip, wajah meringis, mulut berkedut, mendengus atau kerutan hidung. Menghilangkan tic wajah dapat terbukti sangat menguntungkan bagi penderitanya pada tingkat emosional.

Meskipun banyak perawatan telah dikembangkan untuk memerangi tics wajah, Hypnosis dan NLP bertujuan untuk memanfaatkan metode alam bawah sadar untuk mengarahkan respon tic. Jenis bantuan ini memiliki manfaat besar dibandingkan metode lain seperti psikoterapi, yang mungkin tidak memperlakukan perilaku tic sama sekali, atau berusaha mengubah respons sadar terhadap perilaku tic.

Hipnosis dan NLP juga tidak mengalami efek samping obat yang tidak diinginkan. Metode perawatan yang bermanfaat ini juga dapat mengurangi ketegangan dan kekhawatiran dalam kehidupan korban, sehingga mengurangi dorongan untuk membentuk tic dan membuktikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Karena faktor-faktor ini, Hypnosis dan NLP sering merupakan metode pengobatan yang paling aman dan paling disukai untuk penderita tic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *